Abstract
Melakukan Penjualan secara on line membawa peluang bisnis yang sangat besar bagi pebisnis , seperti penyediaan layanan online yang saat ini tengah berlangsung di Indonesia dengan sistem pembayaran yang beragam. Harga terjangkau yang di tawarkan oleh Toko RA Fashion mengakibatkan penjualan yang sangat pesat . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Promosi dan harga terhadap keputusan pembelian promosi Fashion Wanita di aplikasi on line shop Shopee. Jumlah responden sebanyak 50 orang yang telah melakukan pembelanjaan di aplikasi on line shop Shopee. Hasil penelitian menunjukan variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian produk Fashion Wanita thitung (3,966) > ttabel 2,012), dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 > 0,05, membuktikan bahwa promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel harga diperoleh nilai thitung (4,671) > ttabel (2,012) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 > 0,05, membuktikan bahwa harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. uji F yang menunjukkan bahwa F hitung> F tabel (2189,776> 3,28 (Ftabel) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa secara simultan variabel promosi dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dari pembahasan regresi linear berganda Y = 8,926 + 0,841X1 + 0,474X2. Dapat disimpulkan bahwa promosi dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk. Koefisien Determinasi (R Square) sebesar 0,860. Yang berarti bahwa 86% variabel dependent keputusan dalam pembelian bisa dijelaskan oleh variabel Independent. Dan sisa nya 14% dipengaruhi oleh variabel lain selain daripada varibel dalam penelitian ini Diharapkan lewat penelitian ini bisa membantu Toko RA Fashion untuk mengambil keputusan dalam menentukan setia promosi pada aplikasi on line shop Shopee dan Harga yang dijual di aplikasi online shop Shopee.
Kata Kunci :
Harga; Keputusan pembelian; Promosi
perview
Daftar Pustaka
Alma, H. B. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta. Anonim. (2018). Kominfo: Blokir Tik Tok Hanya Sementara. Kominfo.Go.Id. https://www.kominfo.go.id/content/detail/13332/kominfo-blokir-tik-tok-hanya-sementara/0/sorotan_media#:~:text=Setelah. mendapat banyak laporan negatif, yang terkait dengan Tik Tok. Assauri, S. (2018). Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep & Strategi). Depok: PT Raja Grafindo Persada. Fandy Tjiptono, 2017, Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Andi JIMAPAS: Jurnal Ilmu Manajemen dan Pemasaran Vol. 2, No. 1, Mei 2024, pp. 11-17 Maidina Amelia, Aza El Munadiyan, Rina Fatimah/Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo pada Aplikasi Tiktok Shop Studi Kasus Mahasiswa STIM Budi Bakti 17 E-ISSN: 2987-3428 Kotler & Amstrong. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga Kotler, P. (2010). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar. Rustam, M. (2017). Internet And Uses (Survey Among The People Of Takalar Town, South Sulawesi Province). Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 21(1), 13–24. https://jurnal.kominfo.go.id/. Rt. Sri Ratna Ayu Kamillah, Robby Hernanada, Ela Nuramalia, Riki Gana Suyatna. 2024. “Pengaruh Brand Image , Gaya Hidup dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Es Teh Badak Pandeglang ) Universitas Primgraha dipengaruhi oleh sejumlah faktor . Di antara faktor-faktor tersebut , brand image ( citraproduk ), Pandeglang memiliki” 2 (1). Schiffman dan Kanuk, 2012, Perilaku Konsumen, Jakarta: Indeks Setyaningsih, R. (2023). Manajemen Pemasaran. Pustaka Limajari Swasta, Basu dan Irawan. (2007). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogyakarta