Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya perkembangan teknologi dimasa pandemi yang membuat sebagian besar perusahaan beralih ke layanan melalui internet. Pemasaran melalui media online mampu mengurangi resiko penyebaran virus dan memudahkan pelanggan mendapat barang dan jasa dengan mudah dengan hanya berada dirumah saja. Grab Indonesia meluncurkan layanan Grabfood untuk pesan antar makanan. Namun, apakah inovasi perubahan pelayanan ini mampu memperkuat keputusan pembelian dan apakah harga dalam layanan ini juga bisa menjadi alas an kuat untuk memutuskan pembelian ? Penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah mahasiswa STIE jayakusuma dengan mengisi beberapa pertanyaan melalui kuesioner. Sampel yang digunakan adalah 100 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel adalah dengan menyebarkan kuesioner dan uji yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik dan uji koefisien determinasi R². Hasil Uji t menyatakan bahwa kualitas layanan Grabfood berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dan harga juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian pelanggan. Hasil Uji F mengatakan bahwa hasil pengaruh antara variabel independen terhadap variabel dependen adalah 0,000 dimana nilainya lebih kecil dari 0,005. Sehingga dapat disimpulkan adanya pengaruh secara simultan antara variabel independen dan dependen. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan program analisis statistik diketahui bahwa koefisien determinasi (adjusted R2) yang diperoleh sebesar 0,544. Hal ini berarti 54,4% tingkat keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel kualitas layanan dan harga. sedangkan 45,6% tingkat keputusan pembelian dapat dijelaskan dari variabel lain. Kesimpulan : Kualitas Layanan Grabfood berpengaruh terhadap keputusan pembelian, Harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian, Kedua variabel menimbulkan efek saling mempengaruhi
Kata Kunci :
Grabfood, Harga, Kualitas Layanan, Keputusan Pembelian
perview
Daftar Pustaka
Armstrong,l G., & Philip, K. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran Jilid I Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Prenhalindo. Boyd,l H. (2000). Manajemen Pemasaran -l Suatu Pendekatan Strategis Dengan Orientasi Global Edisi 2 Jilid 2. Jakarta: Erlangga. Gojekl Indonesia. (2021). Retrieved froml www.gojek.com Hardiyansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media. Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Principles of Marketing, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga. Kotler, P., & Gary Armstrong. (2012). Principles Of Marketing, Edisi 14, New Jersey. Prentice-Hall Published. Kotler, P., & Keller. (2008). Manajemen Pemasaran Edisi Ketigabelas Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Kotler, P., & Keller. (2016). Marketing Managemen, 15th Edition. Pearsonl Education,Inc. Laksana, F. (2008). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu. Nugroho, A. (2006). E-Commerce: Memahami Perdagangan Modern di Dunia Maya. Bandung: Informatika Bangung. Ollie. (2008). Membuat Tokol Online dengan Multiply. Jakarta: Media Kita. Priyatno, D. (2009). Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta: Mediakom. Sugiyono. (2006). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. Suhari ,l Y. (2008). Keputusan Membeli Secara Online danl Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK Vol. 13(2). ISSN 0854- 9524. Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran Edisi III. Yogyakarta: CV Andi Offset. Wijayanto, D. (2012). Pengantar Manajemen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Wong, J. (2010). Internet Marketing for Beginners. Jakarta: Elex Medial Komputindo.