Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian minyak goreng sawit 365 ber ekolabel di Superindo Taman Harapan Baru Bekasi. Populasi penelitian ini adalah pengunjung di Superindo Taman Harapan Baru Bekasi. Jumlah responden sebanyak 95 orang yang telah melakukan pembelian minyak goreng 365 berekolabel. Hasil uji t ( Parsial ) Variable harga (X1) memiliki nilai t hitung (2.771) > 1.98552 (t table) dan signifikansi-t sebesar 0.007/2 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis pertama dalam penelitian ini diterima yaitu bahwa harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Pengaruh yang ada artinya bahwa semakin naik atau meningkat satuan harga akan semakin menurunkan keputusan pembeliandan demikian pula sebaliknya jika harga menurun maka minat beli akan semakin meningkat Variable kualitias produk(X2) memiliki nilai t hitung (5.081) > 1.98552 Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis kedua dalam penelitian ini diterima yaitu bahwa kualitias produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Kemudian dari hasil uji F ( Simultan ), F hitung sebesar 15.115 > 3.09 dengan signifikansi 0.000 < 0.05. Dengan hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa secara simultan variabel independen dalam hal ini harga dan kualitas produk, berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Adjusted R Square sebesar 0,227 artinya variable harga dan kualitas produk dapat menjelaskan keputusan pembelian konsumen sebesar 22,7% dan sisanya sebesar77.3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti di dalam penelitian ini. Diharapkan lewat penelitian ini bisa membantu Superindo Taman Harapan Baru untuk mengambil keputusan dalam menentukan harga dan kualitas produk minyak goreng 365 ber ekolabel yang dijual.
Kata Kunci :
Harga; Kualitas Produk; Keputusan pembelian
perview
Daftar Pustaka
Fandy Tjiptono, 2017, Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Andi Kotler, Philip and Gary Armstrong. (2008). Prinsip-Prinsip pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Leon dan Lazar, 2008. Perilaku Konsumen Edisi 7, Terj: Zulkifli Kasip, PT Indeks, Jakarta Schiffman dan Kanuk, 2012, Perilaku Konsumen, Jakarta: Indeks Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta Suharsimi, Arikunto, 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta Supranto, J. 2013, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pasar, Jakarta: Rineka Cipta Sutisna. 2015. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya Swasta, Basu dan Irawan. (2007). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogyakarta. Priyono, 2015, Pengantar Manajemen, Bandung: Alfabeta