Abstract
Industri perbankan terus melakukan perbaikan dalam pengembangan produk, kualitas layanan, dan teknologi mesin termasuk pencetakan kartu, pencetakan buku, serta peralatan setor dan tarik tunai. Semakin banyak lembaga keuangan, khususnya bank, yang masuk ke Indonesia. Para peneliti menggunakan pendekatan pengambilan sampel non-probabilitas, yang sebagian besar bersifat purposif. Kriteria atau kualitas yang telah ditentukan digunakan untuk memilih peserta, khususnya responden KCP BCA Bungur. Populasi konsumen aktif sebanyak 1.425 dan jumlah sampel 50. Penelitian ini mengumpulkan data melalui kuesioner. Hubungan yang substansial secara statistik antara Kualitas Pelayanan dengan loyalitas nasabah BCA KCP Bungur ditunjukkan pada Penelitian SPSS 16. Nilai Pelanggan tampaknya memiliki dampak yang lebih kecil terhadap pengambilan keputusan loyalitas pelanggan BCA KCP Bungur. Uji T pada variabel Nilai Pelanggan menunjukkan bahwa nilai t hitung (0,702) < nilai t tabel (2,011741) dan nilai Substansial (0,486) berada di atas taraf alpha yang telah ditentukan yaitu 5%. Variabel Kualitas Pelayanan mempunyai nilai t sebesar 3,917 melebihi nilai t esensial sebesar 2,011741 yang menunjukkan signifikansi statistik sebesar 5% (p<0,05). Pengujian pengaruh variabel independen pada variabel dependen menghasilkan 0,580 tailored R square. Variabel atribut nilai pelanggan (x1) dan keunggulan layanan (x2) menjelaskan 58,0% pemilihan loyalitas. Penelitian ini tidak memasukkan 42,0% varians yang tidak dapat dijelaskan dalam loyalitas prioritas pelanggan, yang dapat disebabkan oleh variabel lain.
Kata Kunci :
Nilai Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Nasabah.
perview
Daftar Pustaka
Aprilia, L. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Penumpang Kereta Api Ciremai Ekspres (Studi Kasus pada PT KAI DAOP IV Semarang). SKRIPSI. Erawati, S. H. (2020). Faktor–faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen pada bisnis ecommerce. Inspirasi: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 17(2), 304-315. Firdaus, H. (2017). Analisis Pengaruh Kepuasan Konsumen, Kualitas Layanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dalam Menggunakan Jasa Go-Jek (Studi Kasus Pada Masyarakat Kel. Pahlawan Kota Palembang) (Doctoral dissertation, UIN Raden Fatah Palembang). H Abdurrahman & Juju, H. U. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Implikasinya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Survey Pada Pelanggan Bengkel Pt. Wijaya Toyota A. Yani Bandung) (Doctoral Dissertation, Perpustakaan Feb-Unpas Bandung).” : 67–99. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41170. Hidayatullah, S. (2013). Hubungan Citra Merek Dengan Loyalitas Pelanggan IM3 Di Kalangan Mahasiswa Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Skripsi. Malang: Fakultas Psikologi. Jeremia, K., & Djurwati, P. (2019). Pengaruh Service Quality, Trust, Dan Consumer Satisfaction Terhadap Consumer Loyalty Pada CV. Sarana MarineFiberglass. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 831-840. Kurniawan, R., & Auva, M. A. (2022). Analisis Pengaruh Kepuasan, Kualitas layanan, Dan Nilai Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Restoran Seafood Di Kota Batam. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 5(2), 1479-1489. Kolonio, Jeremia, and Djuwarti Soepono. 2019. “Effect of Service Quality, Trust, and Consumer Satisfaction on Consumer Loyalty on Cv. Marine Fiberglass Facilities.” Jurnal EMBA 7(1): 831–40. Mekel, V. R., Moniharapon, S., & Tampenawas, J. L. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen pada perusahaan transportasi gojek manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(1), 1285-1294. Meylan Sangian, Livie. 2015. “Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan Dan CRM Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Di Toko Trio Taylor Manado Livie.” : 268–85. Mokoagouw, S. E. (2018). Pengaruh Nilai Pelanggan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dampaknya Terhadap Loyalitas Nasabah. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 6(3). Niffilayani, Anita. (2014). Loyalitas Nasabah Bank Muamalat cabang kota Lubuklinggau. (Studi atas persepsi nasabah tentang riba) (Doctoral dissertation, UIN Raden Fatah Palembang). Pawaz, P. (2019). Analisis Strategi Mempertahankan Loyalitas Peserta Asuransi Pada Produk Mahasiswakoe (studi pada Bumiputera Muda 1967 Cabang Serang) (Doctoral dissertation, UIN SMH BANTEN). Puspaningtyas, R. (2017). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Vaseline Hand & Body Lotion (Doctoral dissertation, STIE Ekuitas). Sangian, L. M. (2015). Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan dan CRM Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan di Toko Trio Taylor Manado. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 3(3). Stephanie, S., Anggraini, D., Ciamas, E. S., Hutabarat, F. A., & Sulaiman, F. (2022, July). Pengaruh Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan di Prima Elektronik Medan. Seminar Nasional 2022-NBM Arts. Suratman, A. (2015). Analisis Pengaruh Perceived Value, Kepuasan Dan Kepercayaan Pada Loyalitas Konsumen (Studi Pada Pelanggan Transportasi Rosalia Indah, Karanganyar). Jurnal Bisnis dan Ekonomi Efektif, 6(2), 25-38. Wahyunawati, Sri, and Raissa Helena Momongan. 2022. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pengambilan Kredit Pelanggan Repeat Order FIFGROUP Cabang Tanjung Pos Buntok.” MAMEN: Jurnal Manajemen 1(3): 361–70. Wibowo, Edwin Agung, Rimayang A. L. P. Ramli Tibrani, and Didi Rustandi. 2022. “Pengaruh Nilai Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan PT DNR Corporation Batam.” Jurnal BENING Prodi Manajemen Universitas Riau Kepulauan Batam 9(1): hlm. 129-1