Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lokasi dan harga terhadap minat beli konsumen pada usaha Mini retail Kelontong Madura di Kecamatan Sawah Besar baik secara parsial maupun secara simultan. Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional melibatkan 97 responden yang merupakan pelanggan Kelontong Madura di Kecamatan Sawah Besar. Teknik sampling dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dan Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan regresi linier berganda. Dari hasil uji t (Parsial) dapat disimpulkan bahwa hipotesis pertama dalam penelitian ini diterima yaitu bahwa harga berpengaruh terhadap minat beli konsumen. Selanjutnya, dari hipotesis kedua juga dapat disimpulkan bahwa penelitian ini diterima yaitu bahwa lokasi berpengaruh terhadap minat beli konsumen. Kemudian dari hasil uji F (Simultan) dapat ditarik kesimpulan bahwa secara simultan variabel independen dalam hal ini harga dan lokasi, berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen sekaligus menandakan bahwa model layak digunakan. Dari Penelitian menyimpulkan bahwa harga memiliki pengaruh terhadap minat beli konsumen di Kelontong Madura. Pengaruh yang ada memiliki arah negatif yang artinya bahwa semakin naik atau meningkat satuan harga akan semakin menurunkan minat beli konsumen dan demikian pula sebaliknya jika harga menurun maka minat beli akan semakin meningkat. Lokasi memiliki pengaruh terhadap minat beli konsumen di Kelontong madura dengan arah yang positif. Artinya bahwa semakin representative atau semakin meningkat satuan lokasi akan semakin meningkatkan minat beli konsumen. Secara Bersama-sama harga dan lokasi mempengaruhi minat beli konsumen dengan arah positif. Besar pengaruh yang disumbangkan adalah sebesar 22,7% dan sisanya sebesar 77.3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti di dalam penelitian ini.
Kata Kunci :
Pengaruh, Harga, Lokasi, Minat Beli, Kelontong Madura
perview
Daftar Pustaka
Alimin, Erina, Afriani, Diana, Agustianto, Clara, A. A., & Umiyatun, S. (2022). Manajemen Pemasaran (Kajian Pengantar Di Era Bisnis Modern). Seval Literindo Kreasi (Penerbit SEVAL). Astuti, M., & Amanda, A. R. (2020). Pengantar Manajemen Pemasaran. Deepublish. Blumberg, B., Cooper, D., & Schindler, P. (2019). EBOOK: Business Research Methods Second Edition. McGraw Hill. Bunyamin. (2021). Manajemen Pemasaran. CV Literasi Nusantara Abadi. Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa konsep dasar untuk penulisan skripsi & analisis data dengan SPSS. Deepublish. Fadali Rahman, S. E. (2022). Manajemen Pemasaran Syariah Konsep Dasar, E-Marketing dan Strategi. CV Literasi Nusantara Abadi. Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek: Planning dan Strategy (Q. Media (ed.); 1st ed.). Penerbit Qiara Media. Gunawan, D. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee Berbasis Social Media Marketing. PT Inovasi Pratama Internasional. Gunawan, I. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: teori dan praktik. Bumi Aksara. Hidayat, A. A. (2021). Menyusun Instrumen Penelitian & Uji Validitas-Reliabilitas. Health Books Publishing. Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press. Japarianto, E., & Adelia, S. (2020). Pengaruh Tampilan Web Dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 35–43. Kambolong, Makmur, A. (2022). Metode Riset dan Analisis Saluran Distribusi. Penerbit Qiara Media. Karmanis, (2020). Metode Penelitian. CV. Pilar Nusantara. Kotler, P., & Armstrong, G. (2021). Principles of Marketing (18th Global Edition) (Vol. 18). Pearson Education. Kotler, P., Burton, S., Deans, K., Brown, L., & Armstrong, G. (2015). Marketing. Pearson Higher Education AU. Kriyantono, & Rachmat. (2020). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Prenada Media. Latief, A. (2018). Analisis pengaruh produk, harga, lokasi dan promosi terhadap minat beli konsumen pada warung wedang jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(1), 90–99. Lupiyoadi, R. (2018). Manajemen pemasaran jasa. Mahara, E. (2021). Hubungan Bauran Pemasaran terhadap Minat Kunjung Ulang Pasien Umum di RSU Mitra Medika Amplas Medan. Jurnal Rekam Medis, 4(1), 26–38. Mardia, M., Hutabarat, Simanjuntak, M., Sipayung, R., Saragih, L., Simarmata, H. M. P., Sulasih, S., Tanjung, R., Irdawati, I., & Tjahjana, D. (2021). Strategi Pemasaran. Yayasan Kita Menulis. Mellyana, A. F. (2022). Pengaruh Label Halal, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kentucky Fried Chicken (KFC) Di Kota Tarakan. Musfar, & Firli, T. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran: Bauran Pemasaran sebagai Materi Pokok dalam Manajemen Pemasaran. Media Sains Indonesia. Nengsih, T. A., Arisha, B., & Safitri, Y. (n.d.). Statistika Deskriptif dengan Program R. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. Padilah, H., Anggoro, R., Susanti, E. W., & Astuti, S. D. (2022). Pemasaran Jasa Kepelabuhanan. Penerbit Lakeisha. Rayuwata, R., Yustisio, M., Gemasih, H., & Eliyin, E. (2022). The Influence of Price, Store Atmosphere and Food Product Quality on Buying Interest at Tootor Coffee Takengon. International Journal of Science, Technology & Management, 3(4), 1129–1143. Segati, A. (2018). Pengaruh persepsi sertifikasi halal, kualitas produk, dan harga terhadap persepsi peningkatan penjualan. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 3(2), 159–169. Siagian, V., Yuniwati, I., Rahman, A., Lifchatullaillah, E., Inayah, A. N., Nurbayani, N., Hasyim, H., Dewi, I. K., Mistriani, N., & Simarmata, J. (2020). Pengantar Kewirausahaan. Yayasan Kita Menulis. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfa Beta. Taan, H. (2021). Kemudahan Penggunaan dan Harga Terhadap Minat Beli Online Konsumen. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 8(1), 89–96. Wirapraja, A., Sudarso, A., Mardia, M., Tojiri, M. Y., Simarmata, H. M. P., Sulasih, S., Permadi, L. A., Purba, B., Tjiptadi, D. D., & Lie, D. (2021). Manajemen Pemasaran Perusahaan. Yayasan Kita Menulis. Yusuf, A. M. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Prenada Media. Alimin, Erina, Afriani, Diana, Agusfianto, Clara, A. A., & Umiatun, S. (2022). Manajemen Pemasaran (Kajian Pengantar Di Era Bisnis Modern). Seval Literindo Kreasi (Penerbit SEVAL).