Abstract
E-commerce membawa peluang bisnis yang sangat besar bagi pebisnis , seperti penjualan produk dan penyediaan layanan online yang saat ini tengah berlangsung di Indonesia dengan sistem pembayaran yang beragam. Harga terjangkau yang di tawarkan oleh Handphone Merk Xiaomi mengakibatkan penjualan yang sangat pesat . Tujuan dari penelitian ini adalah Penelitian untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian smartphone merek Xiaomi di aplikasi online shop Shopee. Jumlah responden sebanyak 50 orang yang telah melakukan pembelanjaan di aplikasi online shop Shopee. Hasil penelitian menunjukanVariabel Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian smartphone Merek Xiaomi, nilai t hitung 2,478 > t tabel 2,056 dengan nilai signifikan 0,014 < 0,05. Variabel Kualitas produk berpengaruh signifikan dan positif terhadap Keputusan Pembelian handphone smartphone Merek Xiaomi di aplikasi Shopee di mana nilai t hitung 14,104 > t tabel 2,056 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Harga dan kualitas produk secara bersama sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian handphone smartphone Merek Xiaomi di aplikasi on line shop Shopee. Dari hasil pengujian F didapatkan nilai fhitung 2189,766 > 3,18 dan signifikansi dalam penelitian ini sebesar 0,000 < 0,05. Nilai R Square sebesar 0,870 atau 87% hal ini dapat dijelaskan bahwa variabel keputusan pembelian sebesar 87% dipengaruhi oleh harga dan kualitas produk serta 13% dipengaruhi oleh variabel lain selain daripada varibel dalam penelitian ini. Diharapkan lewat penelitian ini bisa membantu Toko Murni Cell di dalam aplikasi Shopee khususnya untuk mengambil keputusan dalam menentukan setiap harga pada aplikasi on line shop Shopee dan kualitas produk yang dijual di aplikasi online shop Shopee.
Kata Kunci :
Harga; Kualitas Produk; Keputusan pembelian
perview
Daftar Pustaka
Fandy Tjiptono, 2017, Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Andi Kotler, Philip and Gary Armstrong. (2008). Prinsip-Prinsip pemasaran. Edisi 12. Jilid Jakarta: Erlangga. Leon dan Lazar, 2008. Perilaku Konsumen Edisi 7, Terj: Zulkifli Kasip, PT Indeks, Jakarta Schiffman dan Kanuk, 2012, Perilaku Konsumen, Jakarta:Indeks Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta Suharsimi, Arikunto, 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek,Jakarta: Rineka Cipta Supranto, J. 2013, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk MenaikkanPasar, Jakarta: Rineka Cipta Sutisna. 2015. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Jakarta: PT.Remaja Rosdakarya Swasta, Basu dan Irawan. (2007). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogyakarta. Priyono, 2015, Pengantar Manajemen, Bandung: Alfabeta