Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Unit Bisnis PT Erapoint Globalindo ( Masterpiece KTV ). Sampel yang digunakan sebanyak 50 orang pelanggan PT Erapoint Globalindo. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode non probability sampling. Pengumpulan data dilakukan lewat kuesioner. Metode riset yang dipakai yakni metode penelitian teoritis. Hasil riset (uji- t) membuktikan kalau kualitas pelayanan mempengaruhi signifikan kepada kepuasan pelanggan dengan angka signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil uji koefisien pemastian membagikan RS square sebesar 0,774. Terlihat kalau variabel terbatas kepuasan konsumen dipengaruhi oleh variabel bebas kualitas pelayanan sebesar 77,4% serta variabel lain yang tidak diawasi sebesar 22, 6%.
Kata Kunci :
Pengaruh , Kualitas Pelayanan, Kualitas Pelanggan
perview
Daftar Pustaka
Abdur Rohman,“Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Bengkel Mr. Montir Citayam”, (Skripsi: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Negeri Syarif Hidayatullah, 2017), h.21 Dewi Reni dan Sri Asmawati, “Kualitas Pelayanan Frontliner Dan Kepuasaan Nasabah”, Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah, No.2, (Agustus 2016), kolom 5, h.5 Didin Fatihudin dan Anang Firmansyah, Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan), (Yogyakarta, Deepublish, 2019), h. 225 Dwi Aryani dan Febrina Rosinta,”Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan”,Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, Vol.17 No.2, 2010 h.123 Elis Reynata Sulaeman, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada CHARLY VHT FAMILY KARAOKE CABANG GARUT)”Jurnal Manajemen Vol.14, No.2, Mei 2015 Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra, Pemasaran Strategik – Mengupas Pemasaran Strategik, Branding Strategy, Customer Satisfaction, Strategi Kompetitif Hingga eMarketing, Ed.III, (Yogyakarta, ANDI, 2017), h. 86 Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra, Service, Quality & Satisfaction, Ed. III, (Yogyakarta, CV ANDI OFFSET, 2011), h. 292 Fandy Tjiptono, Manajemen Jasa, (Yogyakarta: CV ANDI OFFSET, 2006), h.96 Freddy Rangkuti, Customer Service & Call Center Berdasarkan ISO 9001, (Jakarta: Kompas Gramedia Building, 2013), h. Indra Wahyu Dianto,“Analisis Kepuasan Konsumen Waroeng Steak & Shake Jl.Cendra wasih No.30 Yogyakarta”,(Skripsi:Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, 2013), h.2 Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kamus versi online/daring (dalam jaringan) dikutip dari https://kbbi.web.id/layan, pada hari Senin, tanggal 27 Desember 2019, Pukul 20.21 WIB Nina Rahmayanty, Manajemen Pelayanan Prima, (Yogyakarta: Graha Ilmu , 2013), h.18 Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, Marketing Management Thirteenth Edition, alih bahasa Bob Sabran, Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas, jilid I, (Jakarta, Erlangga, 2009), h.139-140 Ratminto dan Atik Septi Winarsih, Manajemen Pelayanan: Pengembangan Model Konseptual,Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal, cet.VII, (Yogyakarta, Pustaka Belajar, 2010), h.2 Roky Apriansyah, “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Pada PT.Prioritas Rengat”, Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol.07 No.02, 2018 h.39 Wildan Sulaksana,“Pengaruh Kualitas Pelayanan Pada Kepuasan Konsumen Bengkel Global Motor Yogyakarta”,(Skripsi:Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma, 2017), h.1